Koneksi internet yang lambat, terutama di Pc adalah hal yang paling membuat frustasi di era teknologi. Itulah sebabnya mengapa orang perlu mengetahui cara meningkatkan kecepatan Internet di Windows 10. Ini adalah masalah umum bagi sebagian besar pengguna. Untuk meningkatkan produktivitas, semua orang ingin mempercepat Internet di komputer Windows 10.

Tidak diragukan lagi, ini adalah sistem operasi Windows terbaik yang dikembangkan oleh Microsoft. Ketika diluncurkan untuk pertama kalinya, perusahaan menawarkan Windows 10 sebagai peningkatan gratis untuk pengguna Windows 7, 8 dan 8.1 asli. Di ambangnya, ada 400 Juta pengguna aktif Windows 10, yang empat kali lebih populer daripada macOS.

Angka-angka ini menjadikannya sistem operasi komputer paling populer di dunia. Saat ini, segala sesuatu di dunia telah digital. Anda dapat melakukan tugas apa pun dari sudut mana pun di dunia dengan bantuan Internet. Itulah mengapa diperlukan peningkatan kecepatan Internet di Windows 10

PC Windows Anda akan menjadi seperti kotak bodoh tanpa koneksi Internet. Jika koneksi internet lambat, maka Anda merasa seperti di neraka. Itulah mengapa berikut adalah tips ampuh yang telah teruji untuk memperbaiki kecepatan internet lambat di windows 10.

Di sini, saya telah membagikan setiap kemungkinan untuk mempercepat bandwidth Internet.

1. Hentikan Pembaruan Windows 10

Fitur terburuk yang tidak disukai kebanyakan orang adalah pembaruan Windows otomatis. Sekarang, Anda tidak memiliki kontrol apa pun atas pembaruan dan Anda tidak dapat memeriksa ukuran pembaruan sebelum mengunduh.

Setiap kali ada pembaruan yang tersedia untuk Windows 10, itu secara otomatis mengunduh dan menginstalnya di sistem Anda. Mengunduh file besar menyebabkan Internet lambat di PC Anda. Nah, ada cara untuk menghentikan sementara pembaruan Windows selama 35 hari. Mari kita lihat caranya.

Arahkan ke jalur berikut di komputer Anda, Pengaturan → Pembaruan & keamanan → Pembaruan Windows → Opsi lanjutan dan aktifkan opsi "Jeda Pembaruan". Itu dia.

Mulai sekarang, Anda tidak akan mendapatkan pembaruan apa pun hingga 35 hari. Setelah jangka waktu tersebut, Anda harus mengikuti langkah-langkahnya lagi untuk memperpanjangnya hingga 35 hari ke depan.

2. Nyalakan Metered Connection

Windows 8 adalah sistem operasi pertama di mana Microsoft pertama kali memperkenalkan fitur koneksi Terukur. Ini adalah fitur yang berguna bagi mereka yang memiliki koneksi data Internet terbatas. Jika ada koneksi Anda yang dikonfigurasi sebagai koneksi terukur, sistem hanya akan mengunduh pembaruan latar belakang otomatis saat Anda berada di koneksi normal Anda.

Windows 10 dirancang untuk komputer dengan koneksi Internet tak terbatas. Ini menggunakan bandwidth maksimum koneksi data Anda untuk mengunduh dan mengunggah data. Inilah sebabnya mengapa Anda menghadapi kecepatan Internet yang lambat di komputer Anda. Nah, dengan menyalakan koneksi terukur pada jaringan saat ini, Anda dapat mengatasi masalah ini. Mari kita lihat caranya.

Untuk melakukan itu, buka Pengaturan → Jaringan & Internet dan pilih jaringan yang saat ini terhubung (WIFI atau Ethernet). Di sini Anda harus mengaktifkan opsi "Set as metered connection". Itu dia.

3. Matikan Aplikasi Latar Belakang

Anda dapat menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang untuk menghemat baterai (Jika Anda memiliki laptop), bandwidth, dan beberapa sumber daya sistem.

Sebagian besar aplikasi yang Anda instal dari Store telah dirancang untuk berjalan di latar belakang. Ini adalah alasan lain mengapa internet lambat di Windows 10. Anda dapat menghentikannya untuk meningkatkan kecepatan Internet di Windows 10.

Untuk melakukan itu, buka Pengaturan → Privasi → Aplikasi latar belakang dan di sini matikan opsi "Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang". Itu dia. Sekarang, tidak ada aplikasi yang diunduh dari Windows Store yang akan berjalan atau diperbarui tanpa izin Anda.

4. Nonaktifkan Layanan Pembaruan Windows

Anda harus selalu memperbarui sistem operasi Windows Anda untuk mendapatkan manfaat dari sebagian besar fitur.

Menonaktifkan pembaruan Windows tidak disarankan. Jika Anda menggunakan operator seluler untuk Internet, maka Anda dapat menghentikan layanan ini untuk memaksimalkan kecepatan Internet di Windows 10.

Pertama-tama, cari layanan di menu Start Windows 10 dan buka. Selanjutnya, Anda harus mencari "Pembaruan Windows" dan membukanya. Seperti gambar di atas, pilih "Disabled" dari jenis Startup dan klik tombol "Stop". Itu dia.

Sekarang layanan pembaruan Windows tidak akan berjalan secara otomatis. Anda dapat mengubahnya kapan saja menjadi otomatis untuk memulai layanan lagi.

5. Hapus Cache DNS

DNS adalah singkatan dari Domain Name System. Ini membantu komputer untuk mengubah nama domain (example.com) menjadi alamat IP (192.10.32.10). Komputer Anda menyimpan semua catatan ini untuk mempercepat proses koneksi. Catatan ini disebut cache DNS.

Jika catatan ini terlalu lama dan terdiri dari kesalahan yang berbeda, sebaiknya hapus file ini dan biarkan sistem Anda mengambilnya sekali lagi. Untuk melakukannya,

Tekan Win + R dari komputer Anda, ketik cmd di kotak dan tekan Enter.
Sekarang ketik, ipconfig / flushdns dan tekan ENTER. Itu dia.

Anda akan mendapatkan pesan yang berhasil, seperti Konfigurasi IP Windows. Berhasil membersihkan Cache Penyelesai DNS. Sekarang, Anda selangkah lebih maju untuk meningkatkan kecepatan internet Anda di Windows 10.

Sumber:

Ini adalah bagaimana Anda dapat meningkatkan kecepatan Internet di Windows 10. Ikuti langkah-langkah di atas untuk mengoptimalkan komputer Anda dan menghentikan aplikasi latar belakang untuk memperbaiki kecepatan Internet yang lambat di komputer Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait dengan panduan ini, silakan bertanya dengan menggunakan kotak komentar di bawah ini.